akulah miner sejati!!!

semoga tahun 2012 lulus..

Kamis, 11 Februari 2010

Best mentor


Saya akan membahas mentoring berdasarkan nilai2 islam yang sudah saya ketahui.
Mentoring adalah suatu bentuk sharing ilmu yang dilakukan oleh sebuah kelompok dengan waktu yang rutin dan membicarakan tentang kebaikan untuk saling mengingatkan dan tetap menasehati dalam kebaikan.Selainitu juga mentoring adalah sarana yang paling efektif untuk tranformasi diri secara lebih menyeluruh, termasuk saya setuju bahwa kualitas mentor menjadi tantangan yang cukup menarik.
Maka saya akan membahas tentang kualitas mentoring dan bagaimana untuk menjadi best mentor.


Berikut adalah langkah2 untuk menjadi best mentor (disadur dan mengalami editing oleh saya)

1.Hadirlah semua kegiatan mentor
Menjadi seorang pementor memang bukanlah tugas yang mudah,banyak halangan yang harus kita hadapi,ditambah kita tidak dibayar sama sekali. Tapi dengan niat ikhlas,,Allah akan membalasnya dengan jumlah yang sangat luar biasa sekali,,makanya jangan pernah menyepelekan kehadiran..

2.NO REASON
Mejadi seorang mentor adalah komitmen yang dimana komitmen itu akan goyah dengan berbagai kendala dan kesibukan2 lainnya yang kita punya. Maka dari itu,,tidak ada alas an untuk membatalkannya dan jadikan mentoring adalah prioritas.

3.Cintailah Pekerjaan ini
Untuk memulai sesuatu,maka kita harus mencari alasan untuk mencintainya. Dengan kita mencintai bidang yang kita tekuni,pasti selalu ada cara untuk memenuhinya. Oleh karena itu,cintailah kegiatan ini karena Allah,karena barangsiapa yang menolong dalam agama Allah,maka Allah akan mencintainya dan memudahkan segala urusannya..menyenangkan bukan?

4.Bergerak!
Teruslah bergerak karena dengan gerak,kita akan selalu dinamis dan berubah menjadi yang lebih baik. Janganlah berhenti walau sejenak,karena untuk memualinya kembali kita membutuhkan energy yang lebih besar.

5.Bersahabat
Untuk menyampaikan suatu ilmu,anda tidak bisa menerapkannya dengan cara yang kasar, kita harus memulainya dengan cara yang menyenangkan agar orang2 yang kita mentor hatinya terikat,setelah itu,barulah kita dapat memasukkan doktrin2(yang pasti kebenaran ya!) dengan baik. Cara yang terbaik adalah dengan mengerti keadaan saudara kita.

6.Empati
Mentoring adalah kegiatan saling sharing jua bertukar pendapat, maka agar kita dapat merasakan apa yang saudara mentor kita rasakan dan tanyakan pada kita,kita harus merasa seolah2 kita ada di posisi mereka. Tidak mudah memang,tapi bisa! Dengan berempati juga kita bisa tau pemecahan terbaik terhadap masalah2 mereka.

7.Tahan cobaan
Tidak mudah untuk melalui semuanya seperti apa yang saya paparkan diatas,kuncinya kita harus terus berusaha danjangan pernah menyerah terhadap apa yang menjadi kewajiban kita: Nge-mentor! Inget aja apa yang bakal Allah bales buat kita seandainya apa yang kita kerjakan itu menjadi suatu bentuk hidayah bagi sahabat2 mentor kita,pasti ilmu itu akan menjadi salah satu kunci dan jalan mengantarkan kita ke syurga Allah kelak. Maka dari itu,tetap semangat,terus berusaha dan jangan pernah sedikitpun menyerah.

Untuk meyakini diri kita masuk syurgaNya maka kita harus terus berada dalam agamaNya sampai akhir,oleh karena itu kita harus selalu meyakini bahwa islam itu adalah jalan yang benar untuk mencapai tempat yang kita yakini sebagai balasan atas kebenaran itu.
Wallahu ‘alam bisawaf..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar